Published On: 28/11/2023

Search Engine Optimization Bagian Pertama – On Page SEO

Hal Yang Harus Dilakukan Setiap Hari Setelah Website Jadi

Hal yang perlu dilakukan setiap hari untuk meningkatkan visibilitas website anda, baik ketika orang mencari nama brand anda, maupun menggunakan kata kunci lainnya.

On page SEO

SEO On Page adalah serangkaian pekerjaan yang dilakukan di dalam website dan halaman-halamannya untuk meningkatkan peringkat dan relevansi dalam hasil mesin pencarian (SERP). Tujuan utama dari SEO on page adalah mengoptimalkan setiap detil elemen yang dapat dikendalikan secara langsung di dalam halaman website. Apa saja elemen itu?

Tulis konten yang mengandung keyword yang ingin anda optimasi.

Ini akan membawa nama brand anda terkait dengan keyword tersebut. jadi ketika ada orang mencari menggunakan keyword tersebut, nama brand anda juga akan muncul pada hasil pencariannya.

Periksa struktur tag H1, meta tag, meta description, dari setiap detil yang ada di setiap konten.

Bagian-bagian yang kadang tersembunyi ini justru alat vital untuk mengundang robot-robot mesin pencarian mulai menggali kekayaan konten anda. semakin baik, maka nama brand anda akan semakin baik pula.

Periksa struktur URL pada alamat setiap konten yang ada di website.

Sebuah alamat halaman juga mempengaruhi bagaimana mesin pencari menilai website anda. pengunjung juga dengan mudah dapat mengidentifikasi halaman yang sedang mereka kunjungi.

contoh: https://websitemall.com/event/pameran-superheo-marvel-cinematic-universe-di-mall-brand-name

Dengan hanya membaca URL tersebut, robot maupun manusia dengan mudah mengidentifikasi halaman dan konten apa saja yang ada di dalamnya. Ini sangat disukai oleh sistem mesin pencari maupun manusia pada umumnya.

Perlu kita ingat kembali, algoritma dasar kehidupan di internet adalah; apa yang disukai lebih banyak orang, akan lebih sering ditawarkan pada orang lain yang belum tahu atau sedang mencarinya.

Publikasikan konten berkualitas.

Secara mendasar, konten berkualitas akan terdiri dari:

  • Text demgan jumlah minimal tertentu,
  • Gambar dengan alt image text yang memberikan indentitas pada gambar tersebut,
  • Engaging atau mengundang orang untuk membuka nya (terlepas apakah nantinya akan dibaca atau tidak, berlanjut pada konversi lainnya atau tidak, dan sebagainya),
  • Dan tentu saja memenuhi faktor yang saya sebutkan pada poin kedua di atas.

Itu adalah beberapa point yang seharusnya menjadi perhatian dan dilakukan setiap hari oleh seorang pengelola website dan khususnya SEO specialist. Ketika website anda baru saja jadi, sangat penting untuk melakukan hal-hal tersebut di atas. Namun demikian, ini baru 1 (satu) dari 7 point yang harus dilakukan kemudian. Setelah ini, apa saja point lain yang harus dilakukan? Silahkan lanjutkan membaca artikel berikutnya.

Bagikan: