Published On: 29/01/2024

Sandy Walsh: Pemain Sepak Bola Keturunan Indonesia Berdarah Belanda yang Mencuri Perhatian

Sandy Walsh

Sandy Walsh: Pemain Sepak Bola Keturunan Indonesia Berdarah Belanda yang Mencuri Perhatian

Sandy Walsh adalah pemain sepak bola profesional keturunan Indonesia berdarah Belanda yang lahir di Brussel, Belgia, pada 14 Maret 1995. Ia saat ini bermain untuk klub Liga Primer Inggris, Everton, dan juga bermain untuk tim nasional Indonesia. Walsh memiliki posisi asli sebagai bek kanan, tetapi ia juga bisa bermain sebagai gelandang bertahan atau bek tengah.

Karier Sepak Bola Sandy Walsh
Walsh memulai karier sepak bolanya di akademi Anderlecht, salah satu klub terbesar di Belgia. Ia bermain di tim muda Anderlecht selama beberapa tahun sebelum dipinjamkan ke klub Belgia lainnya, KV Mechelen, pada musim 2014/2015. Walsh tampil mengesankan selama masa pinjamannya di Mechelen, dan ia berhasil membantu klub tersebut promosi ke Liga Pro Belgia.

Setelah kembali ke Anderlecht, Walsh menjadi bagian dari tim utama dan tampil cukup baik. Ia membantu Anderlecht memenangkan Piala Super Belgia pada tahun 2015 dan Liga Pro Belgia pada tahun 2017. Walsh juga bermain di Liga Champions UEFA bersama Anderlecht, dan ia mencatatkan penampilan yang cukup baik di kompetisi tersebut.

Pada tahun 2017, Walsh memutuskan untuk pindah ke klub Liga Inggris, Everton. Ia menandatangani kontrak selama lima tahun dengan Everton, dan ia langsung menjadi bagian dari tim utama. Walsh tampil cukup baik di Everton, dan ia berhasil membantu klub tersebut finis di posisi kedelapan di Liga Inggris pada musim 2017/2018.

Pada musim 2018/2019, Walsh dipinjamkan ke klub La Liga Spanyol, Real Valladolid. Ia tampil cukup baik di Valladolid, dan ia membantu klub tersebut bertahan di La Liga. Setelah kembali ke Everton, Walsh kembali menjadi bagian dari tim utama, dan ia tampil cukup baik di musim 2019/2020.

Karier Internasional Sandy Walsh
Walsh memenuhi syarat untuk bermain untuk tim nasional Indonesia melalui ayahnya yang merupakan warga negara Indonesia. Pada tahun 2021, Walsh mengajukan permohonan untuk mendapatkan paspor Indonesia, dan ia berhasil mendapatkannya pada bulan November 2021. Walsh pun langsung dipanggil oleh pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong, untuk bergabung dalam pemusatan latihan timnas Indonesia.

Walsh melakukan debutnya untuk tim nasional Indonesia pada tanggal 19 November 2021 dalam pertandingan persahabatan melawan Afghanistan. Ia tampil cukup baik dalam pertandingan debutnya, dan ia berhasil membantu timnas Indonesia menang dengan skor 1-0. Walsh juga bermain untuk timnas Indonesia dalam ajang Piala AFF 2020, dan ia berhasil membantu timnas Indonesia mencapai babak final.

Sandy Walsh merupakan pemain yang sangat berbakat dan ia memiliki potensi yang besar untuk menjadi salah satu pemain terbaik di dunia. Ia memiliki kecepatan, kekuatan, dan teknik yang sangat baik. Walsh juga sangat serba bisa dan ia bisa bermain di beberapa posisi berbeda. Ia merupakan aset yang sangat berharga bagi tim nasional Indonesia, dan ia diharapkan bisa membantu timnas Indonesia untuk meraih prestasi yang lebih baik di masa depan.

Bagikan: