Published On: 21/01/2024

Mengenal Suwon FC, Klub Baru Pratama Arhan di Korea Selatan

Selamat datang di WPFaster Daily News, kali ini kita akan membahas Mengenal Suwon FC, Klub Baru Pratama Arhan di Korea Selatan. Bagikan berita menarik ini ke orang terdekat anda!

Pesepak bola Indonesia Pratama Arhan bergabung dengan Suwon FC mulai tahun 2024 ini. Berasal dari Korea Selatan, Suwon FC adalah salah satu klub penghuni kompetisi kasta tertinggi negeri itu.

Kepastian bergabungnya Arhan diumumkan oleh Suwon FC pada Selasa (16/1/2024). Melalui media sosial, pihak klub menyampaikan ucapan selamat datang kepada sang pemain baru.

“Adalah sebuah kerhormatan bisa bersama Arhan. Selamat datang di Suwon FC.” demikian petikan ucapan itu.

Arhan merapat ke Suwon FC setelah meninggalkan klub Jepang, Tokyo Verdy. Isu hijrahnya pemain asal Jawa Tengah itu sudah santer terdengar sejak akhir 2023 lalu, dan kini akhirnya menjadi kenyataan.

Mengenang Lisa Rumbewas, Srikandi Angkat Besi Andalan Indonesia

Mengenal Suwon FC

Suwon adalah salah satu kota besar di dengan penduduk lebh dari 1 juta jiwa. Kota tersebut bisa dibilang kental dengan nuansa sepak bola.

Suwon adalah tempat asal salah satu klub terbesar di Korsel, Suwon Samsung Bluewings yang berdiri pada 1995. Kota itu juga menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan Piala Dunia 2022 di mana Korsel dan Jepang menjadi tuan rumah. Menariknya lagi, di sana ada jalan bernama Park-Ji-sung yang didedikasikan kepada pesepak bola legendaris yang pernah tinggal di Suwon.

Suwon FC kemudian berdiri dan mulai meramaikan kancah sepak bola lokal dan nasional pada 2003. Saat itu, klub masih bernama Suwon City FC dan didirikan pemerintah kota setempat untuk menjadi klub semiprofesional.

Suwon FC awalnya bermain di kompetisi amatir dan semiprofesional. Namun pada 2012, manajemen klub memutuskan untuk membawa Suwon FC menjadi klub yang sepenuhnya profesional.

Suwon FC kemudian mendapatkan izin untuk bermain di K League, kompetisi sepak bola profesional Korsel.

Suwon FC mencatatkan debutnya di liga kasta kedua pada 2013 yang saat itu masih bernama K League Challenge. Musim pertama Suwon FC di liga profesional bisa dibilang cukup apik karena mereka berhasil menempati peringkat keempat di klasemen akhir. Tak hanya itu, Suwon FC juga mampu mencapai babak perempat final Piala FA Korea.

Pada 2015, Suwon FC berhak untuk promosi ke kompetisi kasta tertinggi, K League Classic, setelah merebut tiket lewat babak play-off babak challenge. Mereka mampu finis di peringkat ketiga babak reguler, lalu menyingkirkan Seoul E-Land dan Daegu FC di play-off, kemudian dilanjutkan dengan mengalahkan Busan IPark di play-off promosi-degradasi.

Profil Jay Idzes, Bek Liga Italia yang Siap Membela Timnas Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Bagikan: