Published On: 19/01/2024

KPU Umumkan 11 Panelis Debat Keempat Capres-Cawapres, Ini Daftarnya

Selamat datang di WPFaster Daily News, kali ini kita akan membahas KPU Umumkan 11 Panelis Debat Keempat Capres-Cawapres, Ini Daftarnya. Bagikan berita menarik ini ke orang terdekat anda!

JAKARTA, DDTCNews – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan panelis dan moderator dalam pelaksanaan debat keempat capres-cawapres pada 21 Januari 2024.

Anggota KPU August Mellaz mengatakan ada 11 panelis dan 2 moderator yang ditunjuk. Seperti debat sebelumnya, panelis juga akan menjalani karantina untuk merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang akan disampaikan kepada ketiga cawapres.

“Kami sudah mendapatkan nama dan kesediaan dari 11 orang panelis, yang mewakili profil kompetensi, pengalaman, berdasarkan kebutuhan tema-tema untuk debat keempat,” katanya, Rabu (17/1/2024).

Baca Juga:

83 Lembaga Survei Daftar Quick Count Pemilu 2024, KPU Masih Verifikasi

Mellaz Mengatakan karantina untuk panelis debat dilaksanakan mulai 19 Januari 2024. Karantina ini diperlukan untuk memastikan materi yang ditanyakan kepada cawapres tidak bocor.

Dia menjelaskan pemilihan 11 panelis tersebut disesuaikan dengan tema debat keempat yakni pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, serta desa.

Kesebelas panelis pada debat capres-cawapres keempat yakni:
1. Ahli hukum agraria dan sumber daya alam Universitas Hasanuddin Abrar Saleng
2. Sosiolog pedesaan sekaligus dosen Fisipol UGM Arie Sujito
3. Ahli ekologi politik dan kebijakan pengelolaan sumber daya alam sekaligus Rektor Institut Pertanian Bogor Arif Satria
4. Ahli agraria sekaligus Sekjen Konsorsium Pembaruan Agraria Dewi Kartika
5. Ahli transisi energi sekaligus Direktur Eksekutif Institute Presidential Services Reform Fabby Tumiwa
6. Ahli sumber daya alam dan lingkungan hidup sekaligus guru besar Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor Hariadi Kartodihardjo
7. Ahli kehutanan dan lingkungan hidup sekaligus guru besar teknologi hasil hutan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu Ridwan Yahya
8. Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Rukka Sombolinggi
9. Pakar manajemen lingkungan sekaligus Rektor Universitas Diponegoro 2010-2015 Sudharto, P. Hadi
10. Guru besar antropologi hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia Sulistyowati Irianto
11. Ahli perencanaan wilayah dan perdesaan Institut Teknologi Bandung Tubagus Furqon Sofhani

Baca Juga:

‘Kami Ingin Terapkan Paradigma Pajak yang Rasional dan Adil’

Di sisi lain, KPU juga telah menunjuk 2 moderator debat keempat capres-cawapres yang semuanya adalah perempuan yakni Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar.

Mellaz menambahkan debat keempat akan kembali dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC). Secara umum, tidak akan perubahan pada format debat keempat ini.

Debat akan dimulai pukul 19.00 WIB, serta disiarkan secara langsung dengan durasi selama 150 menit, termasuk 30 menit untuk iklan. Debat akan terdiri atas 6 segmen.

Baca Juga:

‘Kami Siap Tingkatkan Penerimaan secara Terukur dan Realistis’

Segmen pertama akan diisi dengan penyampaian visi, misi, dan program kerja yang sesuai dengan tema. Pada segmen kedua dan ketiga, cawapres akan menjawab pertanyaan yang disusun tim panelis, dengan yang menyampaikan adalah moderator.

Pada segmen keempat dan kelima, cawapres diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada masing-masing cawapres yang lain, serta menjawabnya. Adapun untuk segmen keenam, cawapres akan menyampaikan pernyataan penutup sebagai kesimpulan atas tema yang dibahas.

“Selanjutnya, kami tidak akan ada lagi rapat koordinasi karena sudah posisi di lapangan. Tinggal tim paslon bersama media penyelenggara dan KPU akan melaksanakan persiapan teknis,” ujarnya. (sap)

Bagikan: