Published On: 20/01/2024

How to Add Custom Admin Notices in WordPress

Seringkali, pembaca kami bertanya kepada kami bagaimana mereka dapat menambahkan pemberitahuan admin khusus di WordPress.

Inti, tema, dan plugin WordPress menampilkan pemberitahuan admin seperti kesalahan atau peringatan kepada pengguna di dasbor. Jika Anda adalah administrator situs WordPress, Anda juga dapat membuat pemberitahuan khusus untuk memberi tahu anggota tim Anda tentang informasi penting tentang situs web.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat dengan mudah menambahkan pemberitahuan admin khusus di WordPress.

Cara Menambahkan Pemberitahuan Admin Khusus di WordPressCara Menambahkan Pemberitahuan Admin Khusus di WordPress

Mengapa Menambahkan Pemberitahuan Admin Khusus di WordPress?

Pemberitahuan admin adalah pemberitahuan di dalam area admin WordPress yang memberi tahu pengguna tentang informasi penting. Contohnya termasuk kesalahan, peringatan, peringatan, atau pesan sukses yang terkait dengan inti, plugin, atau tema WordPress.

Contoh pemberitahuan adminContoh pemberitahuan admin

Meskipun pemberitahuan ini adalah fitur bawaan WordPress, Anda juga dapat membuat pemberitahuan admin khusus untuk dasbor Anda.

Misalnya, Anda sedang mengerjakan situs web WordPress untuk klien yang tidak terbiasa dengan platform tersebut. Anda dapat menambahkan pemberitahuan admin untuk menampilkan informasi bermanfaat di dalam area admin WordPress mereka.

Beberapa contoh lain penggunaan pemberitahuan admin khusus meliputi:

  • Memberi tahu anggota tim kapan situs web tidak tersedia karena sedang dalam mode pemeliharaan.
  • Memandu penulis atau editor untuk menavigasi alur kerja editorial di dasbor jika Anda menjalankan situs multi-penulis.
  • Mengingatkan pengguna tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat mengelola tugas, konten, dan media di WordPress.

Secara keseluruhan, pemberitahuan admin khusus dapat berguna untuk menyampaikan pesan kepada Anda sendiri atau pengguna lain yang bekerja di situs web Anda. Meskipun demikian, Anda harus menggunakannya dengan bijak, karena terlalu banyak pemberitahuan dapat mengganggu.

Sekarang, mari kita lihat bagaimana Anda dapat menambahkan pemberitahuan admin khusus Anda di WordPress. Kami akan menunjukkan kepada Anda dua metode, dan Anda dapat menggunakan tautan cepat di bawah ini untuk melompat ke metode yang ingin Anda gunakan:

Metode 1: Tambahkan Pemberitahuan Admin WordPress Khusus Dengan Plugin

Metode ini menggunakan Antarmuka Admin Kustom WP plugin. Ini memungkinkan Anda menyesuaikan dasbor WordPress dengan preferensi Anda, termasuk menampilkan pemberitahuan admin khusus.

Langkah pertama adalah menginstal dan mengaktifkan plugin antarmuka WP Custom Admin. Untuk petunjuk langkah demi langkah, lihat panduan kami tentang cara menginstal plugin WordPress.

Selanjutnya, pergi ke Antarmuka Admin Khusus » Pemberitahuan Admin. Seperti yang Anda lihat, halaman pengaturan plugin sangat mirip dengan Editor Klasik.

Pengaturan plugin WP Custom Admin untuk pemberitahuan adminPengaturan plugin WP Custom Admin untuk pemberitahuan admin

Anda sekarang perlu menggulir ke bawah dan memasukkan pesan pemberitahuan admin Anda.

Anda dapat menggunakan teks biasa dan/atau opsi kode pendek yang tersedia untuk Anda, yang terletak di atas editor visual.

Jika Anda menggunakan metode kedua, maka pesan akan menghasilkan konten secara dinamis berdasarkan kode pendek yang disediakan. Jadi, jika Anda menggunakan shortcode [WEBSITE_URL]maka shortcode tersebut akan diganti dengan nama domain website Anda.

Selain itu, jangan ragu untuk menambahkan gambar atau file media lainnya atau menyesuaikan gaya teks menggunakan toolbar di atas kotak teks.

Memasukkan konten pemberitahuan admin khusus menggunakan plugin WP Custom AdminMemasukkan konten pemberitahuan admin khusus menggunakan plugin WP Custom Admin

Pindah ke bawah, Anda dapat memilih warna pemberitahuan admin khusus Anda. Opsi defaultnya adalah:

  • Hijau untuk pesan sukses
  • Biru untuk pemberitahuan informasi yang tidak mendesak namun penting
  • Kuning untuk pesan peringatan
  • Merah untuk pesan kesalahan

Hal lain yang dapat Anda sesuaikan adalah tanggal berakhirnya pemberitahuan atau kapan pemberitahuan tersebut harus dinonaktifkan. Jangan ragu untuk mengosongkannya jika tidak ada tanggal kedaluwarsa.

Anda juga dapat menutup pesan, yang direkomendasikan untuk notifikasi menggunakan warna hijau atau biru. Untuk peringatan atau kesalahan, Anda mungkin ingin terus menampilkannya hingga masalah teratasi, bergantung pada masalahnya.

Terakhir, Anda dapat membuat pemberitahuan tersebut hanya dapat dilihat oleh semua orang atau pengguna tertentu saja. Jika Anda memilih opsi terakhir, Anda dapat mengeklik tombol '+' untuk menentukan peran pengguna apa yang tidak boleh dilihat oleh pemberitahuan tersebut.

Setelah Anda puas dengan pemberitahuan admin khusus, cukup klik 'Simpan Semua Pengaturan'.

Menyimpan pemberitahuan admin khusus di plugin WP Custom AdminMenyimpan pemberitahuan admin khusus di plugin WP Custom Admin

Dan itu saja!

Untuk melihat seperti apa pemberitahuan admin khusus, cukup buka halaman mana saja di dashboard WordPress Anda. Pesannya harus berada di bagian atas layar.

Contoh pemberitahuan admin khusus dibuat dengan plugin WP Custom AdminContoh pemberitahuan admin khusus dibuat dengan plugin WP Custom Admin

Metode 2: Tambahkan Pemberitahuan Admin WordPress Khusus Dengan Kode

Meskipun plugin WP Custom Admin Interface mudah digunakan, plugin ini menyertakan banyak fitur tambahan yang mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini mungkin terasa berlebihan jika Anda hanya tertarik untuk membuat pemberitahuan admin khusus.

Selain itu, Antarmuka Admin Kustom WP hanya memungkinkan Anda menampilkan satu pemberitahuan khusus dalam satu waktu. Jika Anda ingin menampilkan beberapa pemberitahuan di halaman berbeda di dasbor admin WordPress Anda, plugin tersebut mungkin bukan pilihan yang tepat.

Sebagai gantinya, Anda dapat secara manual menambahkan pemberitahuan admin khusus di WordPress menggunakan kode. Ini memungkinkan Anda fokus hanya pada penambahan pemberitahuan khusus tanpa hal tambahan apa pun, dan Anda dapat menampilkan beberapa pemberitahuan jika diperlukan.

Jika coding di WordPress terdengar menakutkan, jangan khawatir. Kami akan menunjukkan kepada Anda cara mudah dan aman untuk memasukkan kode khusus, yaitu menggunakan Kode WP. Ini adalah plugin cuplikan kode khusus terbaik dan paling ramah bagi pemula di pasaran.

Dengan WPcode, Anda dapat dengan mudah menyisipkan dan mengelola kode tanpa berinteraksi langsung dengan file inti WordPress. Dengan cara ini, kemungkinan Anda merusak situs web Anda tidak ada sama sekali.

WPCode - Plugin Cuplikan Kode WordPress TerbaikWPCode - Plugin Cuplikan Kode WordPress Terbaik

Untuk informasi lebih lanjut tentang WPCode, Anda dapat melihat ulasan WPCode kami.

Catatan: Untuk mengikuti tutorial ini, Anda dapat menggunakan salah satu versi gratis dari WPCode atau paket premium. Dengan WPcode ProAnda akan mendapatkan fitur-fitur canggih untuk mengelola kode Anda lebih lanjut, seperti mode pengujian untuk melihat cara kerja kode sebelum membuat perubahan permanen.

Langkah pertama untuk menggunakan WPCode adalah menginstal dan mengaktifkan plugin. Jika Anda memerlukan panduan, lihat saja artikel kami tentang cara menginstal plugin WordPress.

Selanjutnya, kunjungi saja Cuplikan Kode » + Tambahkan Cuplikan. Di bawah Tambahkan Kode Khusus Anda (Cuplikan Baru), klik 'Gunakan cuplikan'.

Gunakan cuplikanGunakan cuplikan

Sekarang, silakan masukkan judul untuk cuplikan kode khusus Anda sehingga Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi dan mengeditnya nanti jika diperlukan. Ini bisa berupa 'Pemberitahuan Admin Khusus'.

Kemudian, ubah Jenis Kode menjadi 'Cuplikan PHP'.

Setelah Anda selesai melakukannya, cukup salin dan tempel kode berikut ke dalam kotak Pratinjau Kode:

function wpb_admin_notice() {
	echo // Customize the message below as needed
	'<div class="notice notice-warning is-dismissible">
	<p>Important! We will not be publishing any new articles during the holidays. Please save your articles as drafts for the time being.</p>
	</div>'; 
}
add_action( 'admin_notices', 'wpb_admin_notice' );

Berikut tampilan layarnya:

Cuplikan kode pemberitahuan admin khusus di WPCodeCuplikan kode pemberitahuan admin khusus di WPCode

Kode ini mendefinisikan fungsi bernama wpb_admin_notice() di WordPress. Di dalam fungsi ini, ada echo pernyataan yang menampilkan pesan peringatan dalam kotak bergaya.

Di bawah pernyataan itu adalah <div class="notice notice-warning is-dismissible">. Ini adalah kelas CSS yang menentukan jenis pemberitahuan admin, yang dalam hal ini adalah peringatan. Oleh karena itu, kotak pemberitahuan akan memiliki batas berwarna kuning.

Anda juga dapat mengganti baris kodenya notice-warning dengan notice-error (merah), notice-info (biru), dan notice-success (hijau).

Di bawah kelas CSS adalah konten pemberitahuan sebenarnya. Di sini, pesan tersebut memberi tahu pengguna bahwa tidak ada artikel baru yang akan diterbitkan selama liburan dan menyarankan mereka untuk menyimpan artikel sebagai draf untuk sementara waktu. Anda dapat mengganti teks di antara <p> Dan </p> Tag HTML dengan milik Anda sendiri.

Itu add_action('admin_notices', 'wpb_admin_notice'); garis menghubungkan fungsi ini ke 'admin_notices' tindakan di WordPress. Artinya pemberitahuan peringatan akan ditampilkan di area admin WordPress, memberikan informasi penting kepada semua pengguna.

Setelah Anda memasukkan kode, gulir ke bawah ke bagian Penyisipan. Pastikan metode Penyisipan adalah 'Sisipkan Otomatis' dan Lokasinya adalah 'Khusus Admin'.

Pengaturan ini akan memastikan bahwa cuplikan akan dieksekusi secara otomatis di area admin WordPress saja.

Memilih Sisipkan Otomatis dan Hanya Admin di WPCodeMemilih Sisipkan Otomatis dan Hanya Admin di WPCode

Setelah itu, tinggal jadikan cuplikan kodenya 'Aktif' dan klik 'Simpan Cuplikan'.

Berikut tampilan pemberitahuan admin khusus di situs pengujian kami:

Contoh pemberitahuan admin khusus yang dibuat dengan WPCodeContoh pemberitahuan admin khusus yang dibuat dengan WPCode

Menampilkan Pemberitahuan Admin Kustom Berdasarkan Peran Pengguna

Jika Anda ingin membuat pemberitahuan admin khusus yang hanya terlihat untuk peran pengguna tertentu, Anda juga dapat melakukannya dengan WPCode.

Berikut adalah contoh kode:

function wpb_admin_notice_editor() {
    // Get the current admin page
    global $pagenow;
    // Specify the admin pages where the notice should appear
	$admin_pages = [ 'index.php' ];
	// Get the current user
	$user = wp_get_current_user();
    // Check if the current page is in the specified admin pages and the user has the 'editor' role
    if ( in_array( $pagenow, $admin_pages ) && in_array( 'editor', (array) $user->roles ) ) {
		// Display a warning notice for editors
		echo
		'<div class="notice notice-warning is-dismissible">
			<p>Reminder! Do not save published posts as drafts after you update them. Just click the Update button without changing to the draft status. Thanks.</p>
		</div>';
	}
}
// Hook the function to display the notice in the admin area
add_action( 'admin_notices', 'wpb_admin_notice_editor' );

Kode WordPress ini mendefinisikan fungsinya wpb_admin_notice_editor()yang menampilkan pemberitahuan peringatan di area admin untuk pengguna dengan peran editor.

Kode pertama-tama mengambil halaman admin yang sedang dilihat menggunakan global $pagenow;. Ini menentukan bahwa pemberitahuan harus muncul di halaman wp-admin tertentu, seperti dasbor (index.php), melalui $admin_pages Himpunan.

Jika Anda ingin menampilkan pemberitahuan di halaman lain area admin, cukup tambahkan slug halaman tersebut, seperti plugins.php untuk Plugin dan edit.php untuk Posting dan Halaman.

Pastikan untuk memisahkan slug dengan koma dan satu kutipan, misalnya $admin_pages = [ 'index.php' , 'plugins.php', 'edit.php' ];.

Setelah itu, kode mengumpulkan informasi tentang pengguna yang sedang login $user = wp_get_current_user(); .

Kode kemudian memeriksa apakah halaman saat ini ada di halaman admin yang ditentukan dan apakah pengguna menggunakan peran 'editor' if ( in_array( $pagenow, $admin_pages ) && in_array( 'editor', (array) $user->roles ) ) {.

Jika kedua kondisi terpenuhi, maka pemberitahuan peringatan akan ditampilkan.

Berikut tampilan pemberitahuan admin khusus kami menggunakan kode di atas:

Contoh pemberitahuan admin khusus yang dipersonalisasi yang dibuat dengan WPCodeContoh pemberitahuan admin khusus yang dipersonalisasi yang dibuat dengan WPCode

Membuat pemberitahuan admin khusus yang dipersonalisasi dan ditargetkan memerlukan beberapa pengetahuan pengkodean WordPress. Jika Anda tertarik untuk mendalami topik ini, kami sarankan membaca panduan berikut:

Kami harap artikel ini membantu Anda mempelajari cara menambahkan pemberitahuan admin khusus di WordPress. Anda mungkin juga ingin melihat panduan kami tentang cara membuat kode situs web atau pilihan ahli kami untuk plugin WordPress terbaik untuk mengembangkan situs web Anda.

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan berlangganan artikel kami Saluran Youtube untuk tutorial video WordPress. Anda juga dapat menemukan kami di Twitter Dan Facebook.

avatar penulisavatar penulis

Staf Editorial di WPBeginner adalah tim pakar WordPress yang dipimpin oleh Syed Balkhi dengan pengalaman lebih dari 16 tahun di WordPress, Web Hosting, eCommerce, SEO, dan Pemasaran. Dimulai pada tahun 2009, WPBeginner kini menjadi situs sumber daya WordPress gratis terbesar di industri dan sering disebut sebagai Wikipedia untuk WordPress.

Bagikan: