Published On: 26/01/2024

Heboh Mahfud Mau Mundur dari Kabinet, Jokowi-Airlangga Buka Suara

Selamat datang di WPFaster Daily News, kali ini kita akan membahas Heboh Mahfud Mau Mundur dari Kabinet, Jokowi-Airlangga Buka Suara. Bagikan berita menarik ini ke orang terdekat anda!


Jakarta, CNBC Indonesia – Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD blak-blakan soal rencananya mengundurkan diri saat ditanya seorang warga di Semarang dalam acara ‘Tabrak Prof!’ Selasa malam. Ini juga muncul di tengah santernya informasi yang mengatakan bahwa pasangannya, calon presiden (capres) nomor urut 2 Ganjar Pranowo, memang menyarankan dirinya untuk mundur.

“Pada saat yang tepat nanti pasti akan mengajukan pengunduran diri secara baik-baik,” ujarnya.

Menurut Mahfud, ia berupaya memberikan contoh agar pejabat negara tidak menyalahgunakan jabatan dan fasilitas negara untuk kepentingan kampanye. Namun, hingga saat ini pengunduran diri itu belum dilakukan. Ia mengungkap ada beberapa alasan.

“Kenapa ini tidak dilakukan sekarang? Menurut aturan, itu tidak dilarang. Dulu yang tidak dilarang itu menteri, pejabat-pejabat pusat. Kemarin, ditambah lagi, Wali Kota pun tidak harus mundur,” ujarnya.

Mahfud MD dalam acara Tabrak Prof! Semarang (Tangkapan layar Youtube Mahfud MD Official)Foto: Mahfud MD dalam acara Tabrak Prof! Semarang (Tangkapan layar Youtube Mahfud MD Official)
Mahfud MD dalam acara Tabrak Prof! Semarang (Tangkapan layar Youtube Mahfud MD Official)

Soal keinginan Mahfud mundur dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan dijawab Presiden Joko Widodo (Jokowi). Apa kata Jokowi?

“Ya itu hak dan saya sangat menghargai,” kata Jokowi kepada wartawan, Rabu (24/1/2024).

Bukan hanya Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pun buka suara soal Mahfud ingin meninggalkan jabatan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) di Kabinet Indonesia Maju (KIM). Menurut Ketua Umum Golkar itu, keputusan mundur tidaknya nantinya menjadi hak prerogatif presiden

“Ya kalau itu kan kembali terpulang pada Pak Mahfud MD. Tetapi kita ketahui bahwa jabatan menteri itu hak prerogatif pak presiden jadi itu supaya clear aja,” kata Airlangga usai penyerahan bantuan pangan di Gudang Bulog Indramayu, Jawa Barat.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Airlangga Bantah Sri Mulyani Mundur dari Kabinet Jokowi


(wur)


Bagikan: