Published On: 21/01/2024

Disinformasi! AFC akan jadwalkan ulang Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023

Selamat datang di WPFaster Daily News, kali ini kita akan membahas Disinformasi! AFC akan jadwalkan ulang Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023. Bagikan berita menarik ini ke orang terdekat anda!


Jakarta (ANTARA/JACX) – Kontroversi terjadi pada duel Timnas Indonesia vs Irak pada matchday pertama Grup D Piala Asia 2023 pada Senin (15/1/2024). 

Gol kedua Irak yang dicetak Osama Rashid dinilai bisa diperdebatkan karena ada potensi offside.

Sebuah unggahan video berdurasi empat menit di Facebook menarasikan bahwa AFC akan jadwalkan ulang pertandingan Indonesia vs Irak buntut kontroversi tersebut.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“GEGERKAN PIALA ASIAAFC RESMI JADWAL ULANG LAGA INDONESIA VS IRAQ, KARENA INDIKASI WASIT CURANG”

Namun, benarkah AFC akan jadwalkan ulang Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023?

Unggahan video disinformasi yang menarasikan AFC akan jadwalkan ulang Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023. Faktanya, isi video tidak sesuai dengan narasi judul. (Facebook)



Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, dalam video tersebut tidak ditemukan informasi mengenai penjadwalan ulang pertandingan Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023. Narator hanya membacakan kontroversi gol kedua Irak yang dianggap offside oleh Timnas Indonesia.

Selain itu, narator juga mebacakan potensi jika terjadi kecurangan dari wasit. Dalam laman resmi AFC, tidak ditemukan informasi mengenai penjadwalan ulang pertandingan.

Timnas Indonesia sendiri melalui Manajer Tim Endri Erawan telah melayangkan protes kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) terkait dengan keputusan wasit yang meloloskan goldari pemain Irak pada pertandingan di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Senin malam waktu Qatar.

Meski surat protes tersebut tidak bisa mengubah hasil pertandingan, namun dengan adanya sikap tegas dari timnas tersebut diharapkan perangkat pertandingan selanjutnya bisa lebih tegas dan cermat dalam membuat keputusan.

Klaim: AFC akan jadwalkan ulang Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! PSSI sebut Timnas Indonesia butuh 150 pemain naturalisasi

Cek fakta: Hoaks! Wasit hentikan laga Indonesia-Taiwan karena kasihan

Baca juga: Erick puas dengan kemenangan perdana Indonesia di Piala Asia 2023

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024

Bagikan: