Published On: 26/01/2024

Dimulai Sejak Hari Ini, Apa Saja Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh?

Selamat datang di WPFaster Daily News, kali ini kita akan membahas Dimulai Sejak Hari Ini, Apa Saja Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh?. Bagikan berita menarik ini ke orang terdekat anda!

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Terhitung sejak hari ini, Kamis (25/1), umat Muslim bisa menjalani ibadah sunah puasa Ayyamul Bidh. Sebenarnya, apa saja keutamaan puasa Ayyamul Bidh Januari 2024?

Puasa sunah ini dilakukan setiap pertengahan bulan saban bulannya. Puasa dilakukan pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan dalam penanggalan kalender Hijriah.

Pada Januari 2024, pelaksanaan puasa ini bertepatan dengan tangga 25, 26, dan 27 Januari 2024. Artinya, sejak hari ini hingga dua hari ke depan, umat Muslim bisa memanen pahala dengan menjalankan puasa sunah satu ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Puasa ini dikenal juga sebagai puasa ‘putih’. Pasalnya, puasa dilakukan pada hari ‘putih’ atau saat bulan sedang bersinar terang alias purnama sempurna.

Keutamaan puasa Ayyamul BIdh

Puasa sunah ini memiliki sejumlah keutamaan. Berikut dua keutamaan puasa Ayyamul Bidh.

1. Puasa tiga hari sama dengan puasa sepanjang tahun

Sebagaimana dijelaskan di atas, puasa ini dijalankan selama tiga hari berturut-turut.

Konon, puasa tiga hari di setiap pertengahan bulan ini sama dengan puasa sepanjang tahun. Artinya, amalan yang didapatkan umat Muslim dengan menjalani puasa ini sama seperti saat menjalankan puasa sepanjang tahun.

Hal ini sebagaimana diriwayatkan dalam hadis Rasulullah yang berbunyi:

عَنْ أَبِي ذَرٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: أَنَّ النَّبِيَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَنْ صَامَ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ثَلَاثَة أَيَّام، فَذَلِكَ صِيَامُ الدَّهْرِ، فَأَنْزَلَ اللهُ تَصْدِيقَ ذَلِكَ فِي كِتَابهِ الْكَرِيم: مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَة فَلهُ عشر أَمْثَالهَا [الأنعام: 160]. اَلْيَوْمُ بِعشْرَةِ أَيَّامٍ (رَوَاهُ ابْن ماجة وَالتِّرْمِذِيّ. وَقَالَ: حسن .وَصَححهُ ابْن حبَان من حَدِيث أبي هُرَيْرَة رَضِيَ اللهُ عَنْه)

Artinya:

“Diriwayatkan dari Abu Dzar RA, sungguh Nabi Muhammad SAW bersabda: ‘Siapa saja yang berpuasa tiga hari dari setiap bulan, maka puasa tersebut seperti puasa sepanjang tahun’. Kemudian Allah SWT menurunkan ayat dalam kitabnya dan membenarkan hal tersebut: ‘Siapa saja yang datang dengan kebaikan, maka baginya pahala 10 kali lipatnya’ (QS Al-An’am:160). Satu hari sama dengan 10 hari’.” (HR Ibnu Majah dan At-Tirmidzi)

2. Lebih dekat dengan Allah SWT

Dengan menjalankan puasa sunah ini, umat Muslim juga bisa lebih mendekatkan diri dengan Allah SWT. Selama berpuasa, seseorang akan menekan hawa nafsu dan senantiasa berdoa menjaga godaan dan memohon kebaikan.

Demikian beberapa keutamaan puasa Ayyamul Bidh yang bisa didapatkan umat Muslim jika menjalaninya. Selamat berpuasa!

(tim/asr)

[Gambas:Video CNN]

Bagikan: