Published On: 28/01/2024

Bimtek KPPS, Tujuan dan Persiapan di Berbagai Daerah

Selamat datang di WPFaster Daily News, kali ini kita akan membahas Bimtek KPPS, Tujuan dan Persiapan di Berbagai Daerah. Bagikan berita menarik ini ke orang terdekat anda!

TEMPO.CO, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah melantik 5.741.127 anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di 71 ribu lokasi. Pelantikan serentak dipimpin Ketua KPU Hasyim Asy’ari di Jakarta, Kamis, 25 Januari 2024.

Hasyim menjelaskan, ada yang berbeda dari penyelenggaraan pemilu sebelumnya. Dulu hanya memberikan bimbingan teknis atau bimtek KPPS kepada satu anggota di setiap TPS. Pemilu 2024, seluruh anggota KPPS sebanyak tujuh orang tiap TPS mendapat bimtek dari KPU. Tujuannya, kata dia, meningkatkan kualitas kelayakan kepada pemilih dalam menggunakan hak pilihnya di TPS.

“Kalau tujuh orang ini dilatih, maka juga ada kesempatan bagi tujuh orang ini saling mengingatkan pemahaman dan kemampuan teknis dalam penyelenggaraan pemungutan, penghitungan suara di TPS,” kata Hasyim, dikutip dari Antara.

Apa Itu Bimtek KPPS?

Materi bimtek mencakup hal-hal teknis dalam tugas KPPS mulai dari persiapan TPS, pencoblosan, hingga penghitungan suara. Bimtek KPPS dimulai Sabtu, 27 Januari sampai dengan 2 Februari 2023. Kegiatan Bimtek di kelurahan atau kecamatan masing-masing dilakukan serentak.

Bimtek KPPS di Berbagai Daerah

1. Bimtek di Madiun

Sebanyak 4.088 petugas KPPS di Kota Madiun dijadwalkan mengikuti bimbingan teknis untuk persiapan menjalankan tugas di masing-masing tempat pemungutan suara pada Pemilu 2024. Para petugas KPPS itu langsung mengikuti bimbingan teknis selama tiga hari pada 26 Januari hingga 28 Januari 2024 di Wisma Haji Kota Madiun.

2. Bimtek di Kalimantan Utara

KPU Kalimantan Utara melantik 16.065 KPPS pada Kamis, 25 Januari 2024. Selanjutnya KPU Kalimantan Utara akan menyiapkan bimtek untuk seluruh anggota KPPS yang telah dilantik tersebut.

3. Bimtek di Jakarta Timur

Iklan

image-banner

KPU Jakarta Timur melantik 61.684 anggota KPPS untuk bertugas di 8.812 tempat pemungutan suara (TPS). “Hari ini telah dilaksanakan pelantikan 61.684 anggota KPPS yang akan bertugas di 8.812 TPS yang tersebar di 10 kecamatan dan 65 kelurahan,” kata Ketua KPU Jakarta Timur Tedi Kurnia, Kamis, 25 Januari 2024.

4.  Bimtek di Papua Barat

KPU Papua Barat memberikan bimbingan teknis kepada seluruh KPU kabupaten di wilayah setempat terkait tugas-tugas KPPS. Ketua KPU Papua Barat Paskalis Semunya mengatakan, KPU tiap-tiap kabupaten perlu diberi pemantapan agar secara berjenjang bisa melatih panitia pemilihan distrik (PPD) dan panitia pemungutan suara (PPS).

“Tanggal 25 Januari 2024 seluruh KPPS se-Indonesia akan dilantik serentak, setelah itu KPPS perlu dibekali dengan bimtek juga. KPU kabupaten yang bertanggung jawab melatih KPPS melalui PPD dan PPS,” katanya.

5. Bimtek di Sorong Selatan

KPU Sorong Selatan, Papua Barat Daya memberikan bimtek kepada PPD dan PPS terkait tugas anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). “Kegiatan ini mengacu Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, Pasal 51 sampai Pasal 58 yang mengatur tugas fungsi anggota PPD dan PKPU Nomor 25 Tahun 2023,” katanya.

BRAM SETIAWAN | ANTARA

Pilihan Editor: Sebanyak 251.362 Petugas KPPS DKI Jakarta untuk Pemilu 2024 Resmi Dilantik

Bagikan: