Published On: 16/01/2024

Berita: Buku Think Climate Indonesia

Selamat datang di WPFaster Daily News, kali ini kita akan membahas Berita: Buku Think Climate Indonesia. Bagikan berita menarik ini ke orang terdekat anda!

Buku Think Climate Indonesia

Judul : Think Climate Indonesia

Penulis : Elik Susanto, Yudono Yanuar, dkk

Tebal : 98 halaman

Ukuran buku : 21cm x 29cm

ISBN : dalam proses pengajuan

Sinopsis :

Sebuah studi yang terbit di jurnal Frontiers in Climate pada 8 Februari 2022 mengungkapkan bahwa kebakaran hutan di Indonesia menyumbang 7% dari total emisi gas rumah kaca (GRK) global pada tahun 2019 dan 2020. Pada 2022, Indonesia berada di urutan ke tujuh dunia penghasil emisi gas rumah kaca dengan angka 1,24 miliar Gt CO2e. Menurut catatan Direktorat Jenderal Penataan Ruang Kementerian PUPR, perubahan lahan dan hutan menjadi penyumbang terbesar emisi Indonesia, yaitu 36 persen disusul oleh kebakaran lahan gambut 26 persen, dan energi 22 persen.Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencatat angka penghilangan hutan sangat tinggi yakni 104 ribu hektar dalam setahun. Pada 2022, hutan Indonesia tercatat 96 juta ha atau 51,2 persen dari total daratan, yang 88,3 juta ha berada di dalam kawasan hutan negara. Deforestasi ini menjadi penyumbang utama terjadinya perubahan iklim.

Sebagai salah satu sumbangan untuk mengurangi dampak perubahan iklim, International Development Research Centre (IDRC) bersama Oak Foundation menggandeng KALEKA, Kemitraan, Kota Kita, PATTIRO, dan WRI Indonesia menjalankan proyek Think Climate Indonesia untuk melakukan aksi iklim yang efektif dan bermanfaat sebagai masukan bagi pembuat kebijakan.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan: