Published On: 31/01/2024

Belajar WordPress Gratis untuk Pemula: Panduan Langkah-demi-Langkah

belajar wordpress gratis

Belajar WordPress Gratis untuk Pemula: Panduan Langkah-demi-Langkah

WordPress adalah platform pembuatan situs web yang paling populer di dunia. Jutaan orang menggunakannya untuk membuat segala macam situs web, mulai dari blog pribadi hingga toko online. WordPress gratis dan open-source, yang berarti Anda dapat menggunakannya tanpa membayar biaya apa pun.

Jika Anda ingin membuat situs web, WordPress adalah pilihan tepat bagi Anda. WordPress mudah digunakan, bahkan untuk pemula. Anda tidak perlu memiliki keterampilan teknis khusus untuk menggunakan WordPress.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara belajar WordPress secara gratis. Kami akan membahas semua dasar-dasar WordPress, mulai dari cara menginstal WordPress hingga cara membuat konten dan mempublikasikannya.

1. Apa itu WordPress?

WordPress adalah platform pembuatan situs web yang memungkinkan Anda membuat dan mengelola situs web atau blog. WordPress gratis dan open-source, artinya siapa pun dapat menggunakan dan memodifikasi kode sumber WordPress untuk membuat situs web mereka sendiri.

WordPress adalah salah satu platform pembuatan situs web yang paling populer di dunia, dengan lebih dari 40% pasar CMS global. WordPress mudah digunakan, bahkan untuk pemula, dan menawarkan banyak fitur dan fleksibilitas.

2. Mengapa Anda Harus Menggunakan WordPress?

Ada banyak alasan mengapa Anda harus menggunakan WordPress untuk membuat situs web atau blog Anda. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Gratis dan open-source: WordPress adalah gratis dan open-source, yang berarti Anda dapat menggunakan dan memodifikasi kode sumber WordPress untuk membuat situs web Anda sendiri tanpa membayar biaya apa pun.
  • Mudah digunakan: WordPress mudah digunakan, bahkan untuk pemula. Anda tidak perlu memiliki keterampilan teknis khusus untuk menggunakan WordPress.
  • Banyak fitur dan fleksibilitas: WordPress menawarkan banyak fitur dan fleksibilitas, sehingga Anda dapat membuat situs web atau blog yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Komunitas yang besar: WordPress memiliki komunitas yang besar dan aktif, sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan bantuan dan dukungan jika Anda membutuhkannya.

3. Cara Memulai dengan WordPress

Untuk memulai dengan WordPress, Anda perlu melakukan beberapa hal berikut:

  1. Pilih nama domain dan penyedia hosting: Anda perlu memilih nama domain untuk situs web Anda dan penyedia hosting untuk meng-host situs web Anda.
  2. Instal WordPress: Anda dapat menginstal WordPress secara manual atau menggunakan instalasi WordPress otomatis yang disediakan oleh sebagian besar penyedia hosting.
  3. Pilih tema: Anda perlu memilih tema untuk situs web Anda. Tema adalah tampilan dan nuansa situs web Anda.
  4. Buat konten: Anda perlu membuat konten untuk situs web Anda, seperti posting blog, halaman, dan media.
  5. Publikasikan situs web Anda: Setelah Anda selesai membuat konten untuk situs web Anda, Anda perlu mempublikasikan situs web Anda agar dapat diakses oleh publik.

4. Dasar-dasar WordPress

Setelah Anda menginstal WordPress, Anda akan melihat dasbor WordPress. Dasbor WordPress adalah panel kontrol yang memungkinkan Anda untuk mengelola situs web Anda.

Di dasbor WordPress, Anda dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Menulis dan mengedit posting blog: Anda dapat menulis dan mengedit posting blog di bagian "Pos".
  • Buat dan edit halaman: Anda dapat membuat dan mengedit halaman di bagian "Halaman".
  • Kelola media: Anda dapat mengelola media, seperti gambar dan video, di bagian "Media".
  • Instal dan aktifkan plugin: Anda dapat menginstal dan mengaktifkan plugin untuk menambahkan fitur baru ke situs web Anda.
  • Ubah tema: Anda dapat mengubah tema situs web Anda di bagian "Tampilan".
  • Kelola pengguna: Anda dapat mengelola pengguna yang memiliki akses ke situs web Anda di bagian "Pengguna".

5. Tips untuk Menggunakan WordPress

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menggunakan WordPress:

  • Gunakan tema yang responsif: Tema yang responsif akan menyesuaikan tampilan situs web Anda agar sesuai dengan ukuran layar perangkat yang digunakan oleh pengunjung situs web Anda.
  • Gunakan plugin: Plugin adalah perangkat lunak yang dapat Anda instal ke situs web WordPress Anda untuk menambahkan fitur baru. Ada banyak plugin gratis dan berbayar yang tersedia.
  • Perbarui WordPress secara berkala: WordPress merilis pembaruan secara berkala untuk memperbaiki bug dan menambahkan fitur baru. Pastikan Anda memperbarui WordPress secara berkala untuk menjaga situs web Anda tetap aman dan terbarui.
  • Cadangkan situs web Anda secara berkala: Cadangkan situs web Anda secara berkala untuk melindungi data Anda jika terjadi kesalahan. Anda dapat menggunakan plugin cadangan atau layanan cadangan pihak ketiga untuk mencadangkan situs web Anda.

6. Layanan Pembuatan dan Perawatan Situs Web WordPress

Jika Anda tidak memiliki waktu atau keahlian untuk membuat dan merawat situs web WordPress Anda sendiri, Anda dapat menggunakan layanan pembuatan dan perawatan situs web WordPress.

Layanan pembuatan dan perawatan situs web WordPress menyediakan berbagai layanan, seperti:

  • Pembuatan situs web WordPress: Layanan pembuatan situs web WordPress dapat membantu Anda membuat situs web WordPress dari awal.
  • Perawatan situs web WordPress: Layanan perawatan situs web WordPress dapat membantu Anda memperbarui WordPress, menginstal plugin, dan mencadangkan situs web Anda.
  • Pengembangan situs web WordPress: Layanan pengembangan situs web WordPress dapat membantu Anda mengembangkan fitur baru untuk situs web Anda.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan layanan pembuatan dan perawatan situs web WordPress, Anda dapat menghubungi WPFaster. WPFaster adalah penyedia layanan pembuatan dan perawatan situs web WordPress yang terpercaya. WPFaster memiliki tim yang berpengalaman dan ahli dalam membuat dan merawat situs web WordPress.

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan pembuatan dan perawatan situs web WordPress WPFaster, silakan kunjungi situs web WPFaster atau hubungi WPFaster di nomor telepon 628117229979.

Bagikan: