Published On: 18/01/2024

Begini Pengalaman Lella Nur Yuliana, Mahasiswa PGSD UNY Mengikuti Program Kampus Mengajar

Selamat datang di WPFaster Daily News, kali ini kita akan membahas Begini Pengalaman Lella Nur Yuliana, Mahasiswa PGSD UNY Mengikuti Program Kampus Mengajar. Bagikan berita menarik ini ke orang terdekat anda!


beritajogja.com (Jogja) – Lella Nur Yuliana terpilih menjadi salah satu mahasiswa Kampus Mengajar yang diinisiasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.

Kampus mengajar merupakan bagian kegiatan pembelajaran dan pengajaran di satuan pendidikan dasar dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka – MBKM sebagai upaya untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kelas dengan menjadi mitra guru dalam proses pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah, yang selanjutnya disebut sekolah penugasan.

Kampus Mengajar bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan beragam keahlian dan keterampilan dengan menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam pembelajaran, pengembangan strategi, dan model pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan.

Baca Juga: Wow Keren! Selai Kulit Buah Semangka Hasil Racikan Mahasiswa UNY Yang Mampu Menyehatkan Jantung

Mahasiswa prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNY tersebut ditempatkan di SDN Gedongtengen, Kota Yogyakarta.

Menurut Lella kegiatan ini memberikan pengalaman berharga, karena berada di lingkungan yang beragam.

“Selain memberi peluang untuk meningkatkan keterampilan mengajar, program ini juga memberikan pengalaman langsung dalam berpartisipasi meningkatkan pendidikan masyarakat” katanya, Selasa (16/1).

Baca Juga: Mantap! KKN Mahasiswa UNY. Melatih Pembuatan Pempek Pada Ibu-Ibu KWT Di Sentolo Lor, Kulon Progo

Gadis kelahiran Gunungkidul, 8 Juni 2002 itu mengisahkan pada awal sebelum terjun ke sekolah penugasan, ia mengikuti pelatihan intensif untuk memahami metode pengajaran, manajemen kelas, dan pedagogi yang efektif.

Juga diajarkan cara menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah, memahami kebutuhan siswa, dan merancang rencana pembelajaran yang sesuai.

“Setelah sampai di tempat mengajar, saya segera terlibat dalam kegiatan sekolah” ujar Lella.

Baca Juga: Ini Dia Destinasi Wisata Baru, Di Gunungkidul, DIY, Blue Ocean Pantai Jungwok.

Meskipun pada awalnya agak sulit untuk membina hubungan dengan siswa, seiring berjalannya waktu, Lella berhasil berinteraksi dan memperoleh pemahaman yang lebih tentang tantangan dan kegembiraan dalam proses belajar-mengajar.

Alumni SMAN 2 Wonosari tersebut diberi tanggung jawab dalam merencanakan dan melaksanakan program calistung di sekolah penugasan.

Program ini disusun untuk meningkatkan keterampilan membaca, menulis, dan berhitung siswa dengan fokus utama memberikan dukungan tambahan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar.

Bagikan: