Published On: 25/01/2024

Bantuan Biaya Hidup Penerima KIP Kuliah Semester Gasal Cair, Segera Konfirmasi Yuk!

Selamat datang di WPFaster Daily News, kali ini kita akan membahas Bantuan Biaya Hidup Penerima KIP Kuliah Semester Gasal Cair, Segera Konfirmasi Yuk!. Bagikan berita menarik ini ke orang terdekat anda!



Jakarta

Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bagikan kabar gembira terkait penyaluran biaya hidup KIP Kuliah Merdeka semester gasal tahun akademik 2023/2024.

“Bantuan biaya hidup mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka pada semester gasal tahun akademik 2023/2024 sudah cair, loh!” tulis pengumuman Puslapdik dalam postingan Instagram dikutip, Selasa (23/1/2024).

Detail status pencairan bisa dilihat melalui akun masing-masing di laman SIM KIP Kuliah yakni https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Nantinya, mahasiswa akan memperoleh informasi progres pencairan secara lengkap.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Agar memudahkan pemahaman, berikut tahapan penyaluran bantuan biaya hidup KIP Kuliah beserta besarannya selengkapnya.

Tahapan Penyaluran Bantuan Biaya Hidup KIP Kuliah

1. Perguruan tinggi mengirimkan SK/surat dari pimpinan PT terkait daftar calon penerima KIP Kuliah disertai data pendukung. Seperti pelaporan IPK hingga softcopy data penerima dan rekening.

2. Puslapdik Kemendikbud melakukan proses Surat Perintah Pembayaran (SPP) dan Surat Perintah Membayar (SPM) dalam jangka waktu 1-2 minggu.

3. Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) menerbitkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) maksimal 1 hari kerja dan mentransfer ke rekening penampungan Setker Puslapdik Kemendikbud.

4. Puslapdik Kemendikbud memerintahkan bank penyalur untuk melakukan proses transfer dalam waktu 1-2 hari kerja.

5. Bank penyalur melakukan transfer ke rekening penerima (mekanisme internal bank mandiri).

6. Mahasiswa memeriksa rekening masing-masing. Jika belum menerima mungkin terhalang waktu progres yang telah ditentukan maksimal 30 hari kalender atau dana dikembalikan ke kas negara dari rekening penampungan.

7. Bila sudah menerima mahasiswa harus melakukan konfirmasi penerima dana biaya hidup di akun KIP-K masing-masing.

Besaran Biaya Hidup Penerima KIP Kuliah

Berdasarkan Pedoman Pendaftaran KIP Kuliah 2023, bantuan biaya hidup ditetapkan oleh Puslapdik berdasarkan perhitungan besaran indeks harga lokal masing-masing wilayah perguruan tinggi.

Sehingga ditetapkanlah 5 klaster besaran, yaitu Rp 800.000, Rp 950.000, Rp 1.100.000, Rp 1.250.000, dan Rp 1.400.000 per bulan. Untuk mengetahui besaran biaya bisa dilihat secara detail di akun masing-masing mahasiswa.

Jadi, apakah dana bantuan biaya hidup milikmu sudah cair detikers? Jangan lupa untuk cek rekening dan melakukan konfirmasi penerimaan dana biaya hidup di akun milikmu ya!

Simak Video “Pemuda Tikam Mahasiswa Makassar, Kesal Ditipu soal Prostitusi Online
[Gambas:Video 20detik]
(det/nwk)

Bagikan: