Published On: 26/01/2024

7 Proven Affiliate Marketing Tips to Grow Revenue

Apakah Anda mencari cara baru untuk meningkatkan pendapatan pemasaran afiliasi Anda?

Ada banyak uang yang bisa dihasilkan! Pada tahun 2023, pemasaran afiliasi menghasilkan lebih dari $17 miliar secara global.

Namun meskipun gaji rata-rata untuk pemasar afiliasi adalah lebih dari $60.000, banyak orang yang memperoleh penghasilan jauh lebih sedikit sementara beberapa orang memperoleh penghasilan lebih banyak. Apa yang membedakannya?

Berikut adalah 7 tips yang akan membantu Anda meningkatkan pendapatan pemasaran afiliasi Anda.

Catatan: Ini adalah posting tamu oleh Blair Williams, pendiri Pretty Links, plugin manajemen tautan afiliasi lengkap yang populer. Kami menerbitkan kolom ahli di WPBeginner setiap hari Kamis. Ini adalah kolom khusus undangan, artinya kami tidak menerima tawaran kiriman tamu yang tidak diminta.

Tips Pemasaran Afiliasi yang Terbukti untuk Meningkatkan PendapatanTips Pemasaran Afiliasi yang Terbukti untuk Meningkatkan Pendapatan

Saya akan membahas beberapa topik dalam posting ini. Berikut daftar praktisnya sehingga Anda dapat melompat ke bagian yang paling Anda minati:

1. Mendorong Lalu Lintas yang TEPAT yang Menghasilkan Komisi

Langkah pertama dalam menghasilkan pendapatan dari penjualan afiliasi adalah memastikan Anda menarik audiens yang benar-benar ingin mencoba produk atau layanan yang Anda rekomendasikan.

Karena lebih dari 70% pemasar afiliasi mendapatkan sebagian besar lalu lintas mereka dari mesin pencari seperti Google, hal ini menjadikan SEO sangat penting.

Namun SEO membutuhkan waktu, terutama jika Anda bersaing dengan situs pemasaran afiliasi lainnya untuk mendapatkan kata kunci dengan volume pencarian tinggi dan persaingan tinggi.

Untuk mendapatkan komisi terbanyak, saya sangat menyarankan untuk menargetkan kata kunci investigasi. Izinkan saya menjelaskan alasannya.

Secara umum, penelusuran Google dilakukan dengan 4 jenis niat berbeda, dan yang paling cocok untuk situs afiliasi adalah niat investigasi. Berikut rincian singkat berbagai jenis maksud penelusuran:

  • Pengguna dengan maksud navigasi mencoba mengakses situs web tertentu. Contoh: cari di Google dengan frase www.wpfaster.com
  • Pengguna dengan maksud informasional hanya mencoba menemukan jawaban atas sebuah pertanyaan. Contoh: cari di Google dengan frase siapa Presiden AS saat ini.
  • Pengguna dengan maksud transaksional sudah mengambil keputusan dan siap membeli atau mendownload produk pilihannya. Contoh: beli Apple iPhone 15 Pro
  • Terakhir, pengguna dengan tujuan investigasi mencari informasi yang pada akhirnya dapat mengarah pada pembelian atau transaksi. Contoh: laptop pelajar terbaik, bandingkan laptop hp vs delldll.

Pengguna dengan tujuan investigasi ingin membaca ulasan produk, pameran, dan perbandingan seperti milik Anda sebelum membuat keputusan pembelian akhir. Ini berarti sebagai pemasar afiliasi, tugas Anda adalah membantu pengguna menemukan produk yang tepat dan membuat mereka membelinya melalui tautan afiliasi Anda.

Mereka menggunakan kata kunci investigasi dalam permintaan pencarian mereka yang mencakup kata-kata seperti 'terbaik', 'ulasan', 'bandingkan', dan 'alternatif'.

Contoh Kata Kunci Maksud InvestigasiContoh Kata Kunci Maksud Investigasi

Berikut adalah beberapa contoh kata kunci maksud investigasi:

  • laptop terbaik untuk pelajar
  • ulasan jujur ​​​​Tesla Model S
  • Bose QuietComfort 45 vs.Sony WH-1000XM4
  • Masalah umum Lenovo ThinkPad X1
  • alternatif terbaik untuk Hoover MAXLife Pro

Anda dapat melihat kata kunci yang digunakan orang untuk menemukan situs WordPress Anda menggunakan alat online seperti Google Search Console atau SEO Semua dalam Satu untuk WordPress.

Tabel kinerja kata kunciTabel kinerja kata kunci

Dengan menargetkan kata kunci investigasi, Anda akan mengarahkan audiens yang tepat ke situs Anda. Saya telah menemukan bahwa itu berarti Anda tidak perlu mendapatkan banyak lalu lintas untuk mendapatkan penghasilan afiliasi yang layak.

2. Publikasikan Konten Berkualitas Tinggi

Sekarang setelah Anda mengetahui kata kunci investigasi yang akan mendatangkan calon pelanggan ke situs Anda, tugas Anda selanjutnya adalah membuat konten berkualitas tinggi yang diberi peringkat untuk kata kunci tersebut.

Itu berarti menulis review produk secara mendalam, perbandingan pro dan kontra, review video, dan banyak lagi. Hanya 28% pemasar afiliasi menggunakan blog untuk mempromosikan tautan afiliasi mereka, dan menurut saya jumlah itu seharusnya jauh lebih tinggi.

Buat Konten BerkualitasBuat Konten Berkualitas

Konten berkualitas tinggi tidak hanya akan mendatangkan lalu lintas ke situs WordPress Anda, tetapi Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari lalu lintas jangka panjang yang berasal dari peringkat blog Anda.

Beberapa afiliasi paling sukses telah menjadi ahli dalam menggunakan produk atau layanan yang mereka ulas. Faktanya, mendemonstrasikan pengalaman nyata dalam ulasan Anda kini menjadi lebih penting dibandingkan sebelumnya.

Pada bulan Desember 2022, Google menambahkan 'pengalaman' ke dalamnya Kriteria peringkat EEAT. Sekarang, kecuali Anda menunjukkan pengalaman langsung dengan produk yang Anda tulis, Google mungkin akan menghukum Anda dalam jangka panjang dengan memberikan situs Anda peringkat pencarian yang lebih rendah.

Blog Sekolah Fotografi Digital Darren Rowse adalah contoh bagus tentang apa yang harus Anda lakukan. Dia menunjukkan foto luar biasa yang diambil dengan kamera SLR Canon dan Nikon dan kemudian menyebutkan kamera tersebut dalam postingan dan tutorial.

Tunjukkan Pengalaman DPSTunjukkan Pengalaman DPS

Hal ini tidak hanya meningkatkan skor 'pengalamannya' dengan Google, namun bila pengunjungnya terinspirasi oleh foto spektakuler yang diambil oleh kamera yang dia ulas, mereka akan cenderung membelinya menggunakan tautan afiliasinya.

Anda dapat melakukan hal yang sama dengan memproduksi lebih banyak konten, seperti postingan blog mendetail atau video YouTube, yang menunjukkan keahlian Anda menggunakan produk atau layanan sebenarnya. Pastikan Anda tidak hanya berbicara tentang fitur suatu produk. Anda juga perlu menunjukkan kepada audiens bagaimana mereka dapat menggunakan fitur tersebut untuk mendapatkan hasil yang luar biasa.

Cara terbaik untuk menambahkan link afiliasi ke website atau blog Anda adalah dengan menggunakan plugin seperti Pretty Links atau ThirstyAffiliates. Membuat sistem manajemen tautan afiliasi terpusat di dashboard WordPress Anda dapat menghemat banyak waktu.

Misalnya, ketika salah satu mitra afiliasi Anda mengubah tautan Anda, biasanya Anda perlu menemukan setiap postingan di mana tautan tersebut muncul dan memperbarui tautan tersebut secara manual.

Namun dengan plugin tautan afiliasi, Anda hanya perlu memperbaruinya sekali, dan plugin itu akan diperbarui di seluruh situs web Anda.

Mengelola tautan afiliasi dengan ThirstyAffiliatesMengelola tautan afiliasi dengan ThirstyAffiliates

Plugin ini juga memungkinkan Anda menyembunyikan tautan afiliasi yang Anda promosikan di situs web Anda. Biasanya, tautan afiliasi panjang dan jelek seperti ini:

http://example.com/products/?product_id=123&affiliate_id

Tautan afiliasi terselubung terlihat lebih baik dan lebih mudah dipahami:

http://www.yoursite.com/refer/productname
Tautan Cantik Menyelubungi Tautan AfiliasiTautan Cantik Menyelubungi Tautan Afiliasi

Selain manfaat ini, pengelola tautan afiliasi memungkinkan Anda mengkategorikan tautan Anda, menambahkan catatan, memeriksa tautan yang berhenti berfungsi, dan banyak lagi. Ini berarti Anda dapat menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mengelola tautan afiliasi dan lebih banyak waktu untuk membuat konten berkualitas tinggi.

Sekarang setelah Anda menambahkan tautan afiliasi ke situs web Anda, penting untuk melacak berapa kali setiap tautan diklik.

Ini akan membantu Anda melihat produk afiliasi mana yang berkinerja baik, dan postingan blog mana yang menghasilkan klik terbanyak.

Informasi ini akan memungkinkan Anda melakukan perbaikan pada situs web Anda yang menghasilkan lebih banyak pendapatan, dan Anda juga dapat menggunakan metrik untuk bernegosiasi dengan perusahaan mitra Anda untuk mendapatkan pembayaran yang lebih tinggi. Saya akan membicarakan hal ini lebih lanjut nanti.

Google Analytics dapat menunjukkan berapa banyak lalu lintas yang dikirimkan tautan Anda ke setiap produk afiliasi, namun pemula mungkin kesulitan menggunakannya.

Sebagai gantinya, saya sarankan menggunakan plugin analitik seperti Wawasan Monster karena membuat analitik Anda mudah dipahami dan mendukung pelacakan tautan afiliasi secara langsung.

Tautan Afiliasi Teratas Ditampilkan di MonsterInsightsTautan Afiliasi Teratas Ditampilkan di MonsterInsights

Sekarang setelah Anda mengetahui berapa banyak lalu lintas yang Anda kirimkan ke setiap tautan afiliasi, Anda harus membandingkannya dengan pendapatan yang Anda peroleh. Ini akan membantu Anda menemukan produk dengan kinerja tertinggi, dan berfokus pada produk tersebut akan meningkatkan pendapatan afiliasi Anda.

5. Konversi Hingga 60% Pengunjung yang Mengabaikan Dengan Popup Afiliasi

Kami telah berbicara sebelumnya tentang cara meningkatkan pendapatan afiliasi Anda dengan mendatangkan lebih banyak pengunjung ke situs web Anda. Penting juga untuk memikirkan pengunjung yang meninggalkan situs Anda, atau Anda akan kehilangan penjualan.

Anda perlu menarik perhatian untuk mengabaikan pengunjung sebelum mereka meninggalkan situs Anda karena 70% dari mereka tidak akan pernah kembali lagi.

Nadi Lopez, a spesialis pemasaran di Top 6 Digital, atasi ini menggunakan popup niat keluar. Ini mendeteksi pergerakan mouse pengguna dan menunjukkan promosi afiliasi ketika mereka akan pergi.

Dia menggunakan OptinMonster untuk menampilkan popup yang disesuaikan dengan konten yang sedang dilihat pembaca saat itu, seperti ini:

Contoh Popup AfiliasiContoh Popup Afiliasi

Rencananya berhasil, dan 17,31% pengunjung yang melihat popup di atas mengklik link tersebut.

Hasilnya, pendapatan afiliasi Top 6 Digital meningkat sebesar 30%, dan di beberapa halaman web, sebanyak 62% pengunjung yang mengabaikan telah berkonversi.

Untuk detail lebih lanjut tentang cara melakukan ini, Anda dapat melihat artikel tentang cara membuat popup yang mengonversi.

6. Optimalkan Konten Anda untuk Meningkatkan Konversi

Pengunjung Anda tidak akan mengklik link yang tidak mereka sadari. Anda akan mendapatkan lebih banyak klik dan pendapatan dengan menyorot penyebutan afiliasi di artikel Anda.

Anda dapat mencoba melakukan ini dengan berbagai cara. Pastikan Anda melacak klik afiliasi untuk mengukur metode mana yang paling efektif di blog dan postingan individual Anda.

Misalnya, Anda dapat menyorot tautan hanya dengan mencetak tebal atau menggunakan teks berwarna.

Atau Anda dapat membuat tautan lebih jelas dengan menempatkannya di kotak atau tombol produk afiliasi. Beberapa situs web juga menggunakan ikon tersembunyi seperti panah atau keranjang belanja di samping tautan untuk menunjukkan bahwa itu adalah tautan afiliasi.

Kotak produk afiliasiKotak produk afiliasi

Anda juga dapat membuat ajakan bertindak (CTA) di mana Anda menyebutkan produk atau layanan afiliasi. Untuk hasil terbaik, gunakan bahasa persuasif yang mendorong pembaca untuk mempelajari lebih lanjut atau mengkliknya.

7. Bernegosiasi Dengan Merek untuk Tingkat Komisi yang Lebih Tinggi

Terakhir, Anda dapat memperoleh lebih banyak pendapatan afiliasi hanya dengan meminta persentase komisi yang lebih tinggi kepada mitra Anda. Hal ini berpotensi membantu Anda memperoleh keuntungan pendapatan terbesar.

Karena Anda telah mengaktifkan pelacakan tautan, Anda akan dapat mengumpulkan informasi yang Anda perlukan untuk menunjukkan nilai yang Anda berikan kepada mitra afiliasi Anda.

Pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu. Beberapa rencana afiliasi mungkin sudah menawarkan struktur berjenjang yang memberikan tingkat komisi lebih tinggi untuk volume penjualan yang lebih tinggi. Jika tidak, Anda dapat berbicara dengan manajer afiliasi tentang menaikkan tarif untuk situs web Anda.

Jangan menjadi agresif atau menuntut karena Anda dapat merusak hubungan Anda dengan perusahaan. Pastikan Anda tetap sopan dan fleksibel serta mengincar hasil yang saling menguntungkan.

Saya harap tips praktis saya akan membantu Anda meningkatkan pendapatan pemasaran afiliasi Anda. Anda mungkin juga ingin melihat panduan pemasaran afiliasi terbaik atau alat dan plugin pemasaran afiliasi terbaik untuk WordPress.

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan berlangganan artikel kami Saluran Youtube untuk tutorial video WordPress. Anda juga dapat menemukan kami di Twitter Dan Facebook.

Bagikan: